Rabu, 06 Oktober 2010

PEMBUATAN CENDOL LIDAH BUAYA






Oleh
Andi Wijaya 
080305054
 Kelompok      : Bunga
     Komoditi        : Lidah Buaya







Pendahuluan :
Tanaman Lidah Buaya memiliki beragam jenis. Setidaknya ada sekitar 200 jenis Tanaman Lidah Buaya yang telah diketahui. Dari ke 200 jenis tersebut yang paling bagus digunakan untuk pengobatan adalah jenis Aloevera Barbadensis Miller. Jenis ini setidaknya mengandung 72 jenis zat yang dibutuhkan oleh tubuh.
             Dari 72 zat tersebut terdapat 18 macam asam amino, karbohidrat, lemak, air, vitamin, mineral, enzim, hormon, dan zat golongan obat. Antara lain antibiotik, antiseptik, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadangan, antipembengkakan, antiparkinson, antiaterosklerosis, serta antivirus yang resisten terhadap antibiotik.
            Daun lidah buaya dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan dengan cara direbus atau dimasak menjadi aneka makanan. Jeli lidah buaya dapat diperoleh dengan membelah batang lidah buaya. Jeli mengandung zat antibakteri dan anti jamur yang dapat menstimulasi firbroblast, yakni sel-sel kulit yang berfungsi menyambuhkan luka. Manfaat dari gel lidah buaya adalah meningkatkan system kekebalan tubuh, menghilangkan keletihan, menghilangkan stress, bahan pembersih tubuh, membantu menstabilkan kadar kolestrol darah, menguatkan sel dan jaringan, menjaga kesehatan, memperlambat penuaan dini, meningkatkan metabolisme tubuh, membantu menyembuhkan dan menguatkan fungsi-fungsi tubuh, mengeluarkan bahan kimia, serta sebagai pengawet, pewarna, dan pengharum buatan dari dalam tubuh.
           

Bahan :
-          1 kg daun lidah buaya
-          250 gr gula merah
-          250 cc santan kental
-          Garam secukupnya
-          Daun pandan 5 helai
-          Air

Peralatan :
-          Pisau
-          Baskom
-          Panci kukusan
-          Sendok
-          Kompor
-          Gelas
-          Sendok pengaduk

Prosedur Pembuatan :
-          Daun lidah buaya dikupas, kemudian bagian dalam yang berlendir dipotong-potong.
-          Potongan daun lidah buaya tersebut kemudian diberi garam dan diaduk-aduk hingga lendirnya keluar, selanjutnya dicuci dengan air bersih 2-3 kali.
-          Potongan yang telah bersih dimasak dengan sedikit air dan daun pandan hingga matang atau mendidih.
-          Untuk sirup, gula merah dilarutkan di dalam 250 cc air dan didihkan. Demikian pula santan kentalnya, tetapi secara terpisah.
-          Cara penyajiannya, potongan daun lidah buaya dimasukkan ke dalam gelas dan ditambahkan sirup air gula dan santan.
-          Disajikan bersama es lebih baik dan lebih segar.

Bagan Alir Proses :
 
Referensi :

Furnawanthi, I., 2002. Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya si Tanaman Ajaib. Balai Pengkajian Bioteknologi, BPPT dengan AgroMedia Pustaka, Jakarta.

http://www.purwakarta.org., 2010. Khasiat Lidah Buaya (Aloevera). (5 Oktober 2010).





1 komentar: