Rabu, 06 Oktober 2010

PEMBUATAN KRIPIK BONGGOL PISANG

Oleh :
MARNI OTACE WULAN NAPITUPULU
080305016
Kelompok : Buah
Komoditi : Bonggol Pisang 

 
Pendahuluan
            Pisang (Musa paradisiacal L.) merupakan tanaman buah tropis beriklim basah dengan curah hujan yang merata sepanjang tahun. Tanaman ini cukup populer dikalangan masyarakat kita dan hampir setiap orang memakannya.
Bonggol pisang biasanya hanya dibiarkan membusuk, karena tidak memiliki nilai jual. Namun kini di Banyuwangi, Jawa Timur bonggol pisang dapat diolah menjadi kerupuk renyah dan gurih oleh seorang ibu rumah tangga.
Keripik bonggol pisang dengan aneka rasa bisa menjadi peluang bisnis yang cukup tinggi jika diolah dengan benar dan dipasarkan secara tepat. Potensi pasar yang luas dan ketersediaan jumlah bahan baku yang melimpah yang ada di masyarakat akan menjadi nilai tambah bonggol pisang. Oleh karena itu hendaknya dimanfaatkan oleh pengusaha kecil dan petani tanaman pisang guna menambah pendapatan dan menjadikan keripik ini menjadi kuliner khas.
Bonggol yang biasanya digunakan adalah bagian yang ada di bawah tanah hingga ke akar. Bagian tersebut dibersihkan hingga diperoleh bagian dalam bonggol yang berwarna putih. Kemudian dilakukan pemotongan dan perendaman untuk mengeluarkan getah, lalu diiris tipis-tipis dan dibumbui.
Tetapi tidak semua jenis bonggol pisang enak untuk dibuat keripik. Beberapa jenis bonggol pisang yang digunakan adalah yang berasal dari pisang kepok, pisang raja, dan pisang khlutuk. Keistimewaannya tekstur keripik ini rasanya renyah dan tidak terasa pahit. Apalagi bonggol pisang dipercaya mengandung serat sehingga bisa memperlancar pencernaan.
Keripik bonggol pisang ini ditawarkan dalam bentuk keripik siap konsumsi atau dalam bentuk kering alias belum digoreng. Keripik ini kalau sudah digoreng bentuknya lebih menyerupai kerupuk berbentuk sedikit lebar dengan warna sedikit kecoklatan. Sedangkan yang dijual kering (mentah) berwarna cokelat gelap dan harus digoreng terlebih dahulu.                      
Di zaman yang serba mahal,terutama kebutuhan pokok seperti beras, gandum ,pati,maizena( jagung ) maka kita harus dapat mencari solusi untuk mengantisipasinya, sehingga kita tidak semakin kesulitan dalam mempertahankan hidup, terutama dalam pemenuhan kebutuhan akan makanan.Wilayah Indonesia merupakan wilayah yang sangat subur, diibaratkan tongkat dan kayu dapat menjadi  tanaman. Tanaman yang tumbuh di wilayah Indonesia sangat beragam,dari rumput, herba sampai  pohon . Pisang yang kita kenal selama ini yang di manfaatkan sebagai bahan makanan hanya buahnya saja, padahal selain buahnya bonggolnya pun dapat di gunakan sebagai bahan baku pembuatan makanan yaitu keripik.

Bahan
-    Bonggol pisang,
-    Tepung beras,
-    Kanji,
-    Santan,
-    Garam,
-    Perenyah kue,
-    Minyak goreng,
-    Bumbu : ketumbar, miri, bawang putih, kencur, kunir.
-    Telur ayam 1 butir.

Alat
-          Wajan,
-          baskom 2 buah
-          susuk (sothil)
-          erok-erok
-          pisau
-          sendok
-          cobek dan munthu
-          kompor.

Prosedur Pembuatan
  • Bonggol pisang diiris tipis sesuai selera kemudian dibersihkan.
  • Irisan bonggol pisang ditaburi garam dan dibiarkan sampai bonggol  pisang menjadi tidak kaku.
  • Dicuci dengan air sampai bersih kemudian dikering-anginkan.
  • Buat adonan kulitnya dengan mencampur bumbu yang sudah dihaluskan, 3 gelas santan, !/4 kg tepung beras, ¼ bagian telur ayam, sedikit tepung kanji dan perenyah kue.
  • Celupkan irisan bonggol pisang dalam adonan lalu goreng sampai kering.
  • Dikemas.
Bagan Alir 


Referensi 
http://www.teknologitepatguna.com., 2008. Aneka Macam makanan dari Pisang. (30 September 2010).

http://www.resepkomplit.com., 2010. resep-makanan-keripik-bonggol-pisang.
(27 September  2010).

Tarwotjo, C. S., 1998. Dasar-dasar Gizi Kuliner. Gramedia, Jakarta


3 komentar:

  1. Saya Silas,dari Pemalang Jawa TEngah.
    Saya sangat terkesan dengan informasi yang saya baca,dan saya tertarik untuk mencobanya.. seandainya saya mengalami kesulitan,sekiranya saya dapat dibantu solusinya.
    Alamat E-mail saya : imut_2256@yahoo.com
    Hp : 0878 7779 7023

    Terima kasih

    BalasHapus
  2. Saya ingin mencobanya kelak jika saya telah berada di tanah air dan mencoba menjadikan sebagai usaha di rumah karena di daerah saya di banyuwangi sepertinya belum pernah ada krip.ik bonggol pisang

    BalasHapus
  3. saya tertari dengan usaha anda, sy kepingin mencobanya. mhon bantuan cara detail pembuatannya, klw bisa via email ke : lamusa939@yahoo.co.id

    BalasHapus