Rabu, 06 Oktober 2010

PEMBUATAN NATA DE COCO


Arfian Saputra
080305009
Kelompok: Buah
Komoditi: Buah Kelapa

PENDAHULUAN
        Air kelapa merupakan salah satu produk dari tanaman kelapa yang belum banyak dimanfaatkan. Air kelapa muda merupakan minuman yang sangat popular dan air kelapa buah yang tua telah dikembangkan sebagai produk industri , namun pemasaran nya amsih terbatas. Jumlah air yang terdapat dalam kelapa rata-rata 300 cc. Karena pemanfataanya masih terbatas maka sering kali air kelapa ini dibuang begitu saja, baik d sungai atau keperit pembuangan ini dapat terbentuk endapan berwarna hitam dan berbau tajam yang tidak sedap. Apabila air kelapa dalam jumlah besar masuk ke sawah , dapat mengakibatkan pertumbuhan yang tidak normal pada tanaman padi yaitu tanaman padi tumbuh tinggi dan butir padinya sedikit.
       Nata berasal dari kata spanyol yang dalam bahasa inggis berarti cream, sehingga nata dan coco diartikan dengan cream darri air kelapa.acotobacter  xylinum membentuk gel pada permukaan air dari larutan yang mengandung gula . Nata de coco adalah selulosa, yang dibawah mikroskop namapak seperti  masa fibril tidak beraturan yang menyerupai benang atau kapas . Sel-sel Acetobacter xilinum mengambil gula dari larutan gula atau larutan gula dalam air kelapa dan kemudian digabungkan dengan asam lemak yang membentuk precursor pada membrane sel.Prekursor ini selanjutnya dikeluarkan dalam bentuk exkresi, yang bersama-sama dengan suatu enzim mempolimerisasikan glukosa menjadi selulosa diluar sel. Karena membutuhkan peranan enzim pada pembuatannya maka kita harus memperhatikan fakto-faktor yang mempengaruhi aktivasi enzim yaitu , konsentrasi enzim, konsentrasi substrat, suhu, ph dan penghambat.Sulaiman (1996)
       Nata de coco adalah selulosa dan tidak mempunyai nialai gizi bagi manusia, tetapi sangat lezat untuk dimakan dalam berbagai bentuk makanan seperti koktil buah, eskrim atau dalam sirup yang sangat baik untuk diet makanan berserat. Mutu Nata de coco yang baik diperoleh dari pertumbuhan Acetobacter xilinum di dalam skim santan

ALAT
a. Panci/Langseng dari stenless
b. Pengaduk/sinduk stenless
c. Kompor
d. Timbangan duduk
e. Gelas ukur
f. Baki plastik
g. Koran penutup
h. Karet pengikat
i. Rak untuk Baki Plastik
j. Muk Ukur
k. Kain Kassa/Saringan Halus

BAHAN
a. Air Kelapa murni
b. Gula Pasir/putih
c. Za/Urea
d. Cuka Biang
e. Bibit Nata De Coco/Sari Kelapa

PROSEDUR PEMBUATAN
-          Disaring air kelapa dan dimasukkan ke dalam dandang/panci ukuran 5 liter/20 liter di masak sampai mendidih 100 derajat celcius, setelah mendidih masukkan gula pasir, untuk dandang/panci 5 liter gula 250 gr, za 0,5 gr, cuka biang 50 cc dan untuk dandang 20 liter x 4 dari dandang/panci 5 liter.
-          Dicampur air kelapa  yang sudah mendidih dengan gula, za, cuka biang masukan ke dalam baki plastik kira 1,2 liter dan harus dipastikan bahwa baki plastik dalam kondisi bersih dan steril dari bakteri.
-          Ditutup baki plastik dengan menggunakan koran dan pastikan koran pun dalam kondisi steril dari bakteri yang akan mengganggu pertumbuhan nata de coco/sari kelapa, koran harus dijemur dipanas matahari.
-           Disusun di atas rak baki secara rapi dan ditiriskan sampai dingin untuk diberi bibit nata de coco
-          Dilakukan Pembibitan pada pagi hari sekitar jam 5.30-6.30, hasil pembibitan ditutup kembali
-           Baki hasil pembibitan tidak boleh terganggu apapun, tidak digoyang-goyang, bila ingin melihat hasil nata de koko bisa dilihat pada hari ke 3
-           Baki hasil pembibitan di biarkan selama satu minggu 3
-           Pada hari ke 7 silakan dibuka.-
-          Panen
Http//:abekosgoro.wordpress.com., (2008)
 
REFERENSI
Http//:abekosgoro.wordpress.com., 2008. Cara Membuat Nata De Coco (5 Okteber 2010).
Suhardiyo. L., 1988. Tanaman Kelapa Budidaya dan Pemanfaatannya. Kanisius, Yogyakarta.
Sulaiman. H., 1996. Biokimia Untuk Pertanian. USU-Press, medan.




1 komentar:

  1. anda pasti tidak pernah membuat nata decoco.. tulisan anda standar dan coppy paste...

    BalasHapus