Rabu, 06 Oktober 2010

PEMBUATAN JELLY STRAWBERRY

Oleh
Shahila Putri Ridhyanty
080305055
Kelompok : Buah
Komoditi : Stroberi

Pendahuluan
            Stroberi adalah buah yang berasal dari Chilli yang bernama latin Fragaria chiloensis L. Kandungan utama dari buah ini adalah Vitamin C. Dibandingkan dengan jeruk , vitamin C pada stroberi jauh lebih tinggi. Pada 100 gr (berat kering) jeruk terdapat 32 mg Vitamin C, sedangkan pada stroberi terdapat 53 mg Vitamin C.
Jelly adalah makanan setengah padat yang terbuat dari buah-buahan dan gula dengan kandungan total padatan minimal 65 persen. Komposisi bahan mentahnya ialah 45 bagian buah dan 55 bagian gula. Perbedaan jelly dengan jam adalam jam dibuat dari hancuran buah-buahan sedangkan jelly dari sari buahnya. Syarat jelly yang baik ialah transparan, mudah dioleskan dan mempunyai aroma dan rasa buah asli. Bentuknya punberbeda, jelly lebih padat, bening dan transparan. Hal yang perlu diperhatikan jika Anda membuat jelly adalah kandungan pectin dalambuah. Semakin tinggi kandungan pectin, jelly yang dihasilkan akansemakin baik. Tanda kematangan sama dengan jam, yaitu bila dituangkan jatuhnya terputus-putus dan tercium aroma buah yang khas.

Bahan
200 gr Gula Kastor
600 ml Air
500 gr Stroberi Segar
11 gr Gelatin Bubuk

Alat
Pengaduk
Alat pemarut/blender
Pisau
Kompor
Kain saring
Dandang
Penggorengan
Sendok
Baskom
Mangkok
Botol kemasan

Prosedur Pembuatan
-          Direbus gula dan air selama 5 menit, kemudian didinginkan.
-          Dihancurkan stroberi dengan menggunakan blender hingga halus.
-          Dicampur bubur buah stroberi dengan sirup gula yang telah dibuat sebelumnya, tutup dengan kain bersih dan biarkan selama 30 menit hingga meresap.
-          Disaring campuran kedua bahan dengan menggunakan kain saring, hingga dihasilkan sari buah yang jernih tanpa pulp.
-          Larutakan gelatin bubuk dalam ¼ cangkir air dingin.
-          Panaskan sari buah stroberi yang telah dicampur dengan sirup gula. Kemudian tambahkan gelatin, didihkan hingga cairan mengental.
-          Dimasukkan jelly ke dalam botol atau wadah yang telah disterilisasi, segera setelah jelly masak.

Bagan Alir



Referensi
http://www.ebookpangan.com/ARTIKEL/JAM%20DAN%20JELLY.pdf, Cara Sederhana Membuat Jam dan Jelly. (7 Oktober 2010).
http://britishfood.about.com/od/strawberryrecipes/r/strawjelly.htm, Jelly - Strawberry Jelly Recipe. (7 Oktober 2010).
http://kopi-luwak.lefora.com/2009/02/22/jam-jelly-dan-marmalade-sama-manisnya-beda-tekstur/, JAM JELLY DAN MARMALADE, Sama manisnya beda teksturnya. (7 Oktober 2010)
Nurchasanah, 2008. What is in your food Rahasia Di Balik Makanan. Hayati Qualita, Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar