Kamis, 07 Oktober 2010

PEMBUATAN SELAI STROBERI

Oleh 
ALLVA ARINDYA
 080305034
Kelompok :Buah
Komoditi : Strawberry


Pendahuluan 
          Pada dasarnya semua buah dapat diolah menjadi selai. Hanya perlu diingat bahwa tidak semua buah memiliki rasa yang enak setelah diolah menjadi selai. Untuk menghasilkan selai yang bermutu baik, buah yang akan diolah menjadi selai harus benar-benar matang penuh. Buah seperti ini aromanya sangat kuat, sehingga hasil olahannya mempunyai aroma yang kuat dan wangi pula. Meskipun demikian pembuatan selai dengan menggunakan buah mengkal juga masih disarankan.
            Pencampuran buah matang dengan buah mengkal dapat memperbaiki konsistensi selai yang dihasilkan. Hal ini disebabkan buah yang mengkal banyak mengandung pektin. Pektin ini sangat diperlukan dalam pembuatan selai. Fungsinya ialah untuk menggumpalkan (mengentalkan). Dengan demikian cepatnya selai mengental maka jumlah rendemen meningkat.
            Pada pembuatan selai secara komersial, pektin yang ditambahkan merupakan pektin murni berbentuk tepung yang terbuat dari apel atau jeruk. Banyaknya pektin murni yang ditambahkan sebanyak 5-10 gr/kg bubur buah. Selain pektin dapat pula ditambahkan pati yang tahan terhadap asam tinggi.
            Untuk mengetahui kandungan pektin pada buah-buahan dapat dilakukan dengan cara sederhana yaitu dengan tes alkohol. Buah-buahan yang akan diuji diperas air buahnya, selanjutnya ditambahkan 3-4 sendok alkohol kedalam 1 sendok sari buah. Jika pada campuran banyak terdapat gumpalan kental berarti kandungan pektin pada buah tersebut tinggi. Sedangkan jika gumpalan yang terbentuk sedikit atau agak cair berarti kandungan pektinnya sedikit.
            Jam mempunyai definisi yang serupa seperti halnya selai dengan perkecualian bahwa yang digunakan adalah bahan penyusun buah selain sari buah. Pengentalan dilakukan sempai dicapai kadar zat padat paling sedikit 65% untuk semua jenis jam. Beberapa jam memerlukan kadar 68% untuk mencapai kualitas yang dikehendaki. Di Amerika Serikat, jam yang diizinkan beredar paling sedikit dibuat dengan perbandingan 45 pound buah untuk setiap 55 pound gula.
            Selai adalah makanan semi padat atau kental yang terbuat dari 45 bagian bubur buah dan 35 bagian gula. Campuran dipekatkan dengan pemasakan pada api sedang sampai kandungan gulanya menjadi 68%. Berbagai macam selai telah dipasarkan, diantaranya ialah selai nenas, strawberry, srikaya, jeruk, dan sebagainya. Penggunaan selai ialah untuk pelengkap hidangan roti, campuran pada pembuatan kue-kue, campuran es krim, dan sebagainya.
            Jam mengandung dua unsur yang penting: buah (yang mengandung pectin) dan gula (yang mempertahankan buah). Pektin penting untuk mengatur kemacetan: buah-buahan seperti strawberry perlu pektin tambahan (dalam bentuk jus lemon atau gula  pektin) untuk mencapai konsistensi olesan.
            Jelly adalah produk yang terbuat dari sari buah dan dimasak dengan gula, yang berwarna jernih, transparan dan cukup kukuh mempertahankan bentuknya apabila dikeluarkan dari wadah. Zat pokok yang diperlukan pada pembuatan jelly adalah pektin, gula dan asam.

Bahan:
-          Strawberry 500 gr
-          Gula Pasir 350-400 gr
-          Air masak 80 ml

Peralatan:
-          Kompor
-          Blender
-          Pisau
-          Baskom
-          Sendok makan
-          Sendok pengaduk kayu
-          Panci kukusan stanless steel
-          Talenan
-          Botol/toples selai

Proses pembuatan:
Persiapan pertama:
  • Cuci bersih toples selai yang terbuat dari kaca dengan tutup berbahan metal (bukan plastik).
  • Sterilkan toples dan tutup dengan cara direbus dalam air mendidih selama kurang lebih 10 menit.
  • Tiriskan toples dengan cara dibalik agar air bekas rebusan mengalir keluar dari dalam toples.
Cara membuat selai:
·         Cuci strawberry lalu dicincang kasar.
  • Campur strawberry cincang dengan air dan gula pasir. Lalu panaskan di atas api sedang sambil diaduk sesekali saja sampai gula cair.
  • Setelah gula cair, kecilkan api, lalu masak terus sampai air menyusut dan strawberry menjadi halus, dan mulai mengental. (kalau ingin lebih kental, masak lagi sampai air lebih menyusut, tapi jangan lupa terus diaduk untuk menghindari gosong).
  • Angkat dari api (pada tahap ini, kalau strawberry masih dirasa terlalu kasar, boleh diblender sampai menjadi lembut).
  • Masukkan kedalam toples selai yang telah disterilkan, lalu tutup rapat-rapat.
  • Masukkan toples ke dalam panci kukusan, lalu kukus selama 30 menit.
  • Angkat, dinginkan.
  • Simpan di kulkas agar lebih tahan lama.
Bagan alir proses

 Referensi

Desrosier, N.W., 1988. Teknologi Pengawetan Pangan. UI-Press, Jakarta.
http://ipoekmasak.blogspot.com., 2009. Make Yourself Strawberry Jam. (26 September 2010).

http://www.barryfarm.com., 2010. Tips Pembuatan Jelly (26 September 2010).
http://www.fruitexpert.co.uk., 2010. Making Fruit Jam (26 September 2010).
Satuhu, S., 1993. Penanganan dan Pengolahan Buah. Penebar Swadaya, Jakarta.
 


 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar